Merancang "Box", "Textarea", dan "Button" (1).

Oléh: Yusni Tria Yunda.

Misalkan, paragraf di bawah ini adalah bok yang penulis beri background transparan.

Namun, warna garis luarnya ("border") bukan digubahkan yang transparan, agar dalam draft mudah diketaui: yang mana yang merupakan bok, serta yang mana yang langsung dituangkan/diinput pada bidang draf.


.
Bagian-1.

Maksud penulis, adalah agar dapat digésér ke samping kiri, guna melihat tampilan 

isi di sebelah kanannya.
.
 .. ............

..




...
Namun, sebelumnya, penulis melakukan ékspériméntasi terlebih dahulu terhadap hasil ataupun 'éfék bawah' ("vertical"), dari perlakuan terhadap boks, secara penggubahan formulasi kalimat - kalimat HTML di dalam draf.

Langkah:
1. Formulasi yang penulis gunakan, adalah rikués guna membuat bok.

.
Berikut, adalah gambar screenshotan, menyorot aréa kalimat html yang akan diubah warnanya (dari warna hijau "lime", akan diganti menjadi "transparent".



Gambar di bawah, adalah kalimat html yang telah diganti jenis aytem rikuésnya pada bagian "background"_nya menjadi transparan.




Bagian ini tadi mengenai formulasi kalimat html guna melakukan gubahan warna "background", dari yang mulanya "lime", menjadi "transparent".

Selanjut penulis, hendak membuat bok ke-2, yang menggubah width= "auto", menjadi 'Ukuran Tertentu' yang penulis kehendaki, sesuai dengan 'ukuran idéal' bagi  View m=1, yang penulis ketaui, dari hasil ékspérimén - ékspérimén sebelumnya.


Bagian-2.

Kemudian, penulis mempasteukan sekali lagi kalimat tersebut, namun, secara Ukuran Lébar ("width") yang telah diubah [ pada bok yang pertama,  penulis menyéting width="auto", dan pada yang ke-2 ini, penulis menyétingnya width= "340px".

.

.
Demikian, bagian ini, mendéskripsikan langkah yang telah penulis tempuh, dalam hal rikués aytem: menggubah Ukuran Lébar ("width") atas satu bok.

Langkah selanjutnya, adalah merikués penggubahan warna bagi bok ke-2.


Bagian-3.

Ini adalah bok ke-2, hasil pasteuan setelah bahan kopian diganti Warna Backgroundnya, dari hijau "lime" menjadi "transparent", serta menggubah Ukuran "Width"_nya menjadi "340px", dan kini; warna garis bordernya diganti oléh penulis, menjadi "grey". Adapun formulasinya, menjadi sebagaimana isi téksaréa berikut:

.

Setelah dipasteukan kedua kalimat html tersebut ke dalam draf, dalam Tampilan HTML, maka kini terdapat bok di dalam bok.



Adapun tulisan Bagian-3 tersebut, di atas, adalah paragraf yang penulis jadikan berbutton, sehingga di dalam "button" menjadi terdapat téks paragraf tersebut.
.

Comments