"Border" dan Tampilan.
moybanx.blogspot.com


Oléh: Yusni Tria Yunda.
BORDER.
Bagaimana vidio [pada background kuning ini] bisa tetap diputar, sementara téks di dalam bok dibawahnya [pada background hijau] tetap bisa discroll?.
Secara dasar, merequest pembuatan bok, dapat dilakukan menggunakan kalimat html, guna membuat persegi_panjang, yang strukturnya, semisal:


(+TAG Pembuka)
div style="border: 0.1px dashed black; height: auto; overflow: auto; padding: 10px; width: auto;"
(+TAG Penutup)(+TAG Pembuka)/div(+TAG Penutup).

Gambar berikut, menampilkan hasil Tampilan "Compose", terhadap kalimat tersebut (yang telah dituliskan dalam Tampilan HTML):







Bangun 2 (dua) diménsi Persegi Panjang dalam "sheet" draf pada foto di atas, menunjukkan hasil yang akan ditampilkan dalam Tampilan "Compose", setelah kalimat html tersebut dituliskan di dalam Tampilan HTML_nya, dalam draf.

Ukuran yang terbentuk secara memanjang tersebut, adalah éfék langsung dari pengaturan secara "auto" bagi Ukuran Lébar ("width"), dan Ukuran Tinggi ("Height") buat bok/persegi_panjang yang direquest.

Sedangkan Ukuran dan Warna Garis ("border"), ditentukan dari kalimat rikués: "border: 0.1px dashed black

Jika penulis mengubah kalimat re_quest tersebut, dalam upaya mempertebal Ukuran Garis tersebut (Ukuran "border: ), misal: asalnya 0.1px tadi, menjadi 4px, maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini:






Terlihat bahwa garis "border" persegi_panjang tersebut menjadi lebih tebal, daripada yang pertama tadi, pada gambar foto sebelumnya.

Adapun cara penulis mengubahnya, adalah sebagaimana pada foto - foto berikut ini:



Penulis menyorot pada bagian Ukuran "Border" 0.1px (nol koma satu PX), guna menghapusnya dan menggantinya dengan 4px, ataupun langsung menimpanya dengan 4px, tanpa menghapusnya terlebih dahulu (sebab, secara otomatis bagian yang disorot akan terganti/ditimpa oléh inputan baru).

Gambar foto di atas, memperlihatkan bagian kalimat html, mengenai Ukuran "Border" yang telah diubah menjadi 4px.
.





. Bahasan Selanjutnya:
.

Oléh: Yusni Tria Yunda.
TAMPILAN.

Berikut, adalah foto kalimat html guna membuat bok/persegi_panjang, yang dapat diinput (ditulisi téks, ataupun diinputkan/diaploadkan fail - fail foto - foto):

.


Akan kita lihat, bagaimana pengaruh dari sétingan Ukuran - Ukuran "Border" terhadap hasil tampilannya.


Adapun, gambar berikut, adalah patokan dari Ukuran Lébar Persegi Panjang 400px, ditunjukkan secara batas antara Fitur LINK, serta Fitur Upload Fail Gambar dalam Toolbar Draf Blogger (di atas sebelah kanan dari gambar bok, pada foto ini):
.

Secara status: Sebelum Dipostingkan, dan Setelah Dipostingkan, tampilan visual dari wéblog (khususnya yang dibuat menggunakan Aplikasi Blogger), masing  mempunyai 2 (dua), dan 3 (tiga) Jenis Tampilan.

Pada Status Saat Sebelum Dipostingkan (TAMPILAN "DRAFT"), terdapat 3 (tiga) tampilan, ya, itu:

1. Tampilan "Compose", sebagaimana contoh gambar foto berikut:


2. Tampilan HTML:

3. Tampilan Pratinjau/"Preview":

Sedangkan pada Status Saat Setelah Dipostingkan, terdapat 2 (dua) Jenis Tampilan, yaitu: m=1 (tampilan kecil/hanya pada bagian postingan yang URL_nya lagi dibuka), dan m=0 (tampilan menyeluruh bagi keseluruhan aréa tampil dari satu blogspot/wéblog).

Gambar Foto Tampilan m=1:
Pada tampilan m=1 (vérsi sélulér/HP) dalam Gambar Foto di atas, terlihat bahwa isi postingan terpotong sebagian (pada sisi kanannya).

Dan gambar berikut, adalah sebagian lagi dari isi postingan tersebut (yang terpotong itu:

Terlihat dalam gambar di atas, bahwa bagian luar dari isi blog (yang berwarna coklat/oranyeu_kecoklatan, menjadi terékspansi oléh isi postingan, yang seharusnya tetap berada di dalam bagian Latar Belakang berwarna putih, sebagai isi blogspot/wéblog, yang ditinjau secara m=1.

Kara tersebut (melébarnya bagian postingan ke aréa luar Isi Blog), disebabkan pengaturan pada "border" (dalam gambar ditandai garis - garis putus - putus berwarna hitam), yang terlalu lébar (penulis menyéting bordernya mempunyai Ukuran "Width" sebagai "400px", yangmana isinya yang berupa téks serta beberapa Fail Foto yang diséting berukuran "Large" (bukan diséting berukuran "Small", ataupun "Medium"), sedangkan "border" pembatas aréa_simpan bagi foto - foto tersebut adalah "400px", sehingga yang "400px" ini mendesak secara élastis menyesuaikan ukurannya dengan ukuran lébar dari bidang tampil blogspot.

Jadi, dalam kara ini, bukan merupakan masalah dari Ukuran Fail Foto, melainkan Ukuran Lébar 'Figuranya', ya, itu lébar bordernya yang terlalu lébar bagi standar Tampilan m=1.

Tentu kara ini akan berbéda, jika penulis menyéting Ukuran "width" (lébar) bordernya sejumlah ukuran bilangan "px" tertentu, yang di bawah bilangan 400px.


Berikut, adalah Gambar Foto Contoh Tampilan m=0:


Kalau secara tampilan m=0, sebagaimana dapat dilihat pada gambar tersebut, terlihat bahwa tampilan isi postingan dan bordernya bukan melébar mengékspansi bagian luar selain postingan yang URL_nya lagi dituju tersebut.

Fitur - fitur pelengkap blogspot/wéblog (seperti "Label", Arsip Postingan - Postingan, beserta gadget - gadget lainnya, menjadi terlihat sebagai keseluruhan tampilan.

Menyimak hasil tampilan m=1 dalam kasus saat "width" dari satu "border" diséting 400px, maka penulis berasumsi bahwa jika ingin isi postingan tertampilkan secara utuh dalam satu halaman tayang pada layar HP (Vérsi Sélulér/tampilan m=1), hendaknya ukuran "width" dikurangi jangan sampai mencapai 400px.

Namun, dalam tampilan m=0, bilangan ukuran lébar ("width") 400px ini masih terbilang 'kecil', dibandingkan keseluruhan bidang tampil blogspot/wéblog yang dapat dilihat pada Vérsi Tampilan m=0.

Adapun, dari beberapa hasil percobaan lainnya, yang telah dilakukan oléh penulis, angka bilangan idéal bagi tampilan m=1 buat satu persegi_panjang/bok, adalah antara 330px hingga 340px.

Gambar berikut, adalah patokan bagi ukuran lébar persegi_panjang/bok 330px:


Patokan dalam "width" 330px ini adalah batas Fitur Background-color, sebagaimana yang ditunjukkan oléh gambar ayken stabilo (di sebelah kanan Ayken Warna Huruf) dalam Gambar Foto di atas.


Tampilan dalam Draft, Tampilan "Compose":



Tampilan m=1:

Terlihat, dalam tampilan m=1 tersebut, ukuran "width" 330px bagi persegi_panjang/bok, cukup idéal, di mana batas sisi kiri bok dan batas sisi kanannya adalah proporsional dengan bidang tampil blogspot.

Aréa 'luar' postingan, yang merupakan batas kanan blogspot (ditandai dengan warna coklat/oranyeu_kecoklatan), bukan terékspansi oléh postingan yang bersangkutan.

Dengan demikian, menurut temuan penulis, dalam hasil - hasil ékspérimén ini: "width" 330px, adalah idéal, jika nantinya postingan blogspot/wéblog mau ditampilkannya dalam jenis tampilan m=1 (Vérsi Sélulér/HP).

Tampilan m=0:

.
.

Comments